Jumat, 17 Februari 2012

Judul Penelitian Bahasa Tugas TIK

Judul Penelitian yang Berkaitan dengan TIK:
PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP

Permasalahan :
Kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VII SMP pada dasarnya masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan selama inii belum dapat membantu siswa secara maksimal. Metode yang digunakan selama ini hanya menggunakan metode ceramah atau bercerita. Dalam hal ini, guru membaca buku cerita selanjutnya siswa menulis karangan narasi berdasarkan informasi yang telah mereka dengar. Dengan metode ini siswa tidak dapat menggali
informasi sebanyak-banyaknya karena hanya mengandalkan indera pendengaran. Dari situasi tersebut peneliti menawarkan media audio visual untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi. Dengan media ini siswa akan mendapatkan informasi lebih banyak dan lebih mudah karena media ini menyajikan informasi dalam bentuk gambar dan suara.

Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah dilakukan agar pembahasan mengenai segala hal yang akan diteliti tidak meluas. Selain itu, pembatasan masalah sangat penting agar pembahasan dalam penelitian ini dapat lebih fokus, terarah, dan mendalam. Pembahasan masalah dalam penelitiqan ini dibatasi hanya pada pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VII SMP

 Rumusan Masalah
Dalam penelitian ini ada tiga masalah yang perlu dibahas.
1. Bagaimana implementasi pembelajaran kemampuan menulis narasi dengan memanfaatkan media audio visual pada siswa kelas VII SMP ?
2. Apakah siswa dapat menguasai materi dengan baik setelah mengikuti pembelajaran kemampuan menulis narasi dengan memanfaatkan media audio visual?
3. Bagaimana persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media audio
visual untuk untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi?

2 komentar: