Jumat, 17 Februari 2012

RPP Tugas TIK

                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP/MTs                  :
Kelas/Semester          : VII/1
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Topik                         : Describing people
Aspek                        : Menulis
Hari/Tanggal                :
Alokasi Waktu            : 2 x 30 menit

Standar Kompetensi    :
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar    :
Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Tujuan Pembelajaran   
Siswa mampu untuk membuat teks untuk menggambarkan seseorang dalam bentuk short personal letter (e-mail).

Indikator
1.    Siswa mampu menguasai beberapa kosa kata yang berhubungan dengan describing people.
2.    Siswa mampu mengidentifikasi gambar dengan menjawab beberapa pertanyaan, seperti Who is s/he?; What is her/his job?; and How does s/he look like?
3.    Siswa mampu melengkapi wacana pendek berdasarkan jawaban pertanyaan sebelumnya.
4.    Siswa mampu membuat sebuah surat pribadi pendek tentang memperkenalkan dirinya dan menggambarkan seseorang berdasarkan gambar yang diberikan.

Materi Pembelajaran
1.    Kosa kata yang diperlukan untuk menggambarkan seseorang.
2.    Gambar berbagai orang terkenal. (terlampir)
3.    Surat elektronik pribadi. (terlampir)

Karakter Siswa yang Diharapkan
•    Dapat dipercaya
•    Rasa hormat dan perhatian
•    Tanggung jawab


Metode Pembelajaran
Three-phase techniques

Langkah-langkah Kegiatan
A.    Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi
1.    Guru memberi salam.
2.    Berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
3.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
4.    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Motivasi
5.    Guru menjelaskan pentingnya menguasai materi mengenai Describing People.

B.    Kegiatan Inti
Eksplorasi (5 menit)
1.    Siswa berinteraksi antarsiswa, guru, lingkungan, dan sumber belajar lain mengenai materi yang berhubungan dengan Describing People.
2.    Guru memberikan pertanyaan awal kepada siswa:
a.    Tell me about your classmate.
b.    Is s/he beautiful or handsome?
c.    What does s/he look like?
3.    Guru menunjukkan beberapa gambar yang berhubungan dengan describing people.
Elaborasi
Kegiatan 1: untuk memenuhi indikator 1. (10 menit)
Guru    Siswa
1.    Menunjukkan gambar-gambar untuk membantu siswa memahami kosa kata yang berhubungan dengan topic.
2.    Mengecek pemahaman siswa terhadap kosa kata yang baru dijelaskan dengan cara menunjuk ke gambar dan meminta siswa untuk menyebutkan dalam bahasa Inggris.
3.    Meminta siswa untuk mencocokkan antara petunjuk yang diberikan dengan gambar.    1.    Memperhatikan slide show dan bertanya jika ada kesulitan.
2.    Menyebutkan gambar yang dimaksud dengan kosa kata bahasa Inggris.
3.    Mencocoki petunjuk dengan gambar yang tersedia.
Kegiatan 2: untuk memenuhi indikator 2-3. (15 menit)
Guru    Siswa
1.    Meminta siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diberikan.    1.    Menjawab pertanyaan secara tertulis.
2.    Meminta siswa memilih salah satu gambar dan menuangkan jawaban-jawaban pertanyaan berdasarkan gambar tersebut ke dalam sebuah paragraf.    2.    Memilih salah satu gambar dan menuangkan jawaban-jawaban pertanyaan berdasarkan gambar tersebut ke dalam sebuah paragraph.
Kegiatan 3: untuk memenuhi indikator 4. (25 menit)
Guru    Siswa
1.    Meminta siswa untuk menulis surat sahabat pena yang menjelaskan tentang identitas siswa tersebut dan artis kesukaannya yang didapat secara acak dan memonitor mereka.    1.    Menulis surat sahabat pena yang menjelaskan tentang identitas siswa tersebut dan artis kesukaannya yang didapat secara acak


Konfirmasi (5 menit)
Guru    Siswa
1.    Meminta salah satu siswa membacakan suratnya didepan kelas dan memberikan umpan balik kepada semua siswa.    1.    Membaca nyaring surat tersebut di depan kelas dan mendapatkan umpan balik.
C.    Kegiatan Akhir (5 menit)
1.    Guru menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari.
2.    Guru mengakhiri pelajaran dan mengucapkan salam.
Sumber Belajar        : http://www.talkeasy.co.uk/link/materials/esl11.html dan berbagai artikel yang berasal dari www.google.co.id yang diakses pada 9 agustus 2011

Penilaian
Aspek Penilaian    Point    Nilai
Spelling    0-5 kesalahan spelling    50   
    6-10 kesalahan spelling    45   
    11-15 kesalahan spelling    40   
    15-20 kesalahan spelling    35   
    >    20 kesalahan spelling    30   
Total   
Grammar    0-5 grammar errors    50   
    6-10 grammar errors    45   
    11-15 grammar errors    40   
    16-20 grammar errors    35   
     >     20 grammar errors    30   
Total   


LAMPIRAN
Practice 1
WHO AM I? Listen to your teacher. Match the clues to the pictures.
1.    An oval face with fair complexion.
2.    A square face with dark eyes.
3.    A round face with black hair and dark eyes.
4.    A square face with brown hair and brown eyes.
5.    A square face with dark complexion and dark eyes.

Practice 2
Answer these following questions based on the picture. Then arrange a paragraph based on the answers. Number one is an example.
1.    Who is he?
2.    What is his job?
3.    What does he look like?

Example:

1.    He is Morgan Sm*sh.
2.    He is a singer.
3.    He has an oval face with fair complexion. He has small and dark eyes. He has black, short, and straight hair.


Practice 3
Choose a picture of PRACTICE 2. Then write a letter to a pen pal in the world.


Practice 4
Write a letter to a pen pal in the world. Tell him/her about yourself and your favorite artist/singer too.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar